Tips Sukses Menyusui ASI Ekslusif Saat Pandemi

- 20 Agustus 2021, 13:27 WIB
Cut Meyriska (Ilustrasi Keluarga)
Cut Meyriska (Ilustrasi Keluarga) /Cut Meyriska/

BeritaSampang.com – Dalam wawancara daring yang dilaksanakan tim BeritaSampang pada 16-19 Agustus 2021 menyatakan seluruh responden yang terdiri dari ibu menyusui ASI ekslusif di Indonesia tidak memiliki kendala dalam menyusui di masa pandemi.

Dilansir dari UNICEF Indonesia bahwasanya ASI (Air Susu Ibu) kaya akan antibodi yang dapat melindungi bayi. Melalui pemberian ASI sejak dini, dapat membangun imun dan mendorong pertumbuhan agar bayi terlindungi dari berbagai infeksi dan dapat tumbuh sehat.

Melalui ASI, dapat mewujudkan hak anak untuk mendapatkan gizi terbaik sejak dini. Menurut Ibu Jufaini, asal Desa Sumbersuko, Bondowoso, hal positif dari ASI adalah selain menyehatkan bagi ibu, tidak perlu biaya tambahan untuk belanja susu formula, yang mana tentunya perlu ikhtiar yang kuat untuk merealisasikannya. Berikut tipsnya:

Baca Juga: Uni Eropa Memberhentikan Penggunaan Vaksin AstraZeneca

Support untuk Ibu Menyusui

Walaupun tidak ada kendala menyusui di masa pandemi, akan tetapi dukungan yang diperuntukkan bagi ibu menyusui tetap dibutuhkan di segala masa khususnya masa pandemi.

Dukungan atau support untuk ibu menyusui bisa datang dari mana saja, termasuk keluarga. Hal ini diamini Ibu Jufaini. Beliau menuturkan, dukungan keluarga dengan menyiapkan segala sesuatu untuk kelancaran ASI seperti susu khusus busui (ibu menyusui), jamu tradisional, asupan makanan ASI misal kuah daun kelor sangat mendukung kelancaran ASI untuk buah hati.

Adapun bagi Ibu Mutmainnah, asal Desa Jakan, Bangkalan, support utama datang dari suami. Karena baginya, menyusui merupakan bentuk perjuangan yang luar biasa, terutama bagi mama baru. Salah satu contohnya yaitu suami membantu memijat istri dan ikut andil dalam momong bayi agar ibu tidak kelelahan. Apalagi di masa pandemi ibu butuh refreshing, dan kebutuhan ini bisa diganti dengan yang lebih aman, misal mengahabiskan quality time bersama suami.

Baca Juga: Penanganan Covid Dibilang Buruk Media Luar, Zubairi Djoerban Sentil Balik Kasus Penambahan Kematian Di Amerika

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah