Tito Karnavian Optimis Kehadiran IKN Baru Berdampak Pada Perekonomian di Kalimantan Timur

- 18 Februari 2022, 20:30 WIB
Tito Karnavian Optimis Ibu Kota Negara Baru tingkat ekonomi Kaltim
Tito Karnavian Optimis Ibu Kota Negara Baru tingkat ekonomi Kaltim /Instagram/@titokarnavian

BeritaSampang.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian optimis jika Ibu Kota Baru (IKN) dapat berdampak positif bagi perekonomian serta pembangunan di Kalimantan Timur.

Mantan Kapolri tersebut menilai bahwa Ibu Kota Baru sebagai bentuk pemerataan pembangunan Indonesia, agar tidak hanya terpusat di Pulau Jawa saja seperti dikutip BeritangSampang dari lama kemendagri.co.id

"salah satu tujuan pemindahan IKN ke Kaltim merupakan langkah untuk mendorong pemerataan pembangunan di Indonesia. Dengan begitu, pembangunan tidak hanya terpusat di Jawa, sehingga kesenjangan antardaerah tak terpaut jauh" ucap Tito saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Gubernur Kaltim Isran Noor, wali kota se-Kaltim pada Kamis 18 Februari 2022 di Balai Kota Balikpapan.

Baca Juga: Lirik dan Chord Gitar Lagu 'Hancur Hati Ini' Ruri Wantogia

Tito menjelaskan bahwa dampak IKN sudah terlihat saat dimulainya pembangunan.

"Terlihat dari laju pertumbuhan di berbagai sektor seperti bandara, hotel, restoran, dan sebagainya yang lokasinya tak jauh dari pembangunan IKN" kata Tito dalam rapat yang di hadiri anggota DPRD setempat.

Tito menilai hal tersebut akan terus berlangsung dari masa transisi hingga menjadi pusat pemerintahan.

Baca Juga: Tidak Boleh Menikahi Wanita Atheis yang Ingkar Terhadap Semua Agama dan Tidak Beriman Wujudnya Tuhan

"Kondisi ini akan terus berlangsung, baik saat proses pembangunan, masa transisi perpindahan, hingga nanti IKN berdiri dan menjadi pusat pemerintahan Indonesia," ucap Tito.

Halaman:

Editor: Imron Basuki Rahmat

Sumber: Kemendagri.go.id


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini