Presiden Jokowi Tiba di Indonesia Usai Kunjungan Kerja di Empat Negara

- 2 Juli 2022, 09:35 WIB
Presiden Jokowi Tiba di Indonesia Usai Kunjungan Kerja di Empat Negara
Presiden Jokowi Tiba di Indonesia Usai Kunjungan Kerja di Empat Negara /Tangkapan Layar YouTube/Sekretariat Presiden/

BeritaSampang.com - Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana beserta rombongan tiba di Indonesia pada Sabtu 2 Juli 2022 sekitar pukul 06.25 WIB.

Jokowi balik ke Tanah Air usai melakukan kunjungan kerja ke empat negara, yaitu Jerman, Ukraina, Rusia, dan Persatuan Emirat Arab (PEA) selama sepekan.

Perjalanan Jokowi dari Bandar Udara Internasional abu Dhabi ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta menggunakan pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang ditempuh selama delapan jam perjalanan.

Kedatangan Jokowi beserta rombongan disambut oleh beberapa petinggi negara, termasuk Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dan Pj. Gubernur Banten Almuktabar.

Baca Juga: Cuaca Cerah, Sambut Kedatangan Presiden Jokowi di Rusia

Kunjungan pertama Jokowi ke Jerman. Selama di Jerman, Jokowi menghadiri KTT G7 sebagai negara mitra sekaligus pemegang Presidensi G20.

Di Jerman, Jokowi juga melakukan sejumlah pertemuan bilateral, yaitu dengan Kanselir Jerman, Presiden Prancis, Perdana Menteri (PM) India, PM Kanada, dan PM Inggris.

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Jokowi menekankan untuk menyelesaikan gangguan rantai pasok pangan agar tidak terus menyebabkan kelangkaan dan kenaikan harga.

Setelah dari Jerman, Orang nomor satu Indonesia tersebut melanjutkan misi perdamaian ke Ukraina melalui Polandia.

Baca Juga: Jokowi Dukung Upaya PBB untuk Jamin Kelancaran Ekspor Pangan Ukraina

Jokowi menyerahkan bantuan kemanusiaan di salah satu rumah sakit di Kyiv, Ukraina.

Kemudian Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, di Istana Maryinsky, Kyiv.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyampaikan bahwa kunjungannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina dan menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah.

Baca Juga: Presiden Jokowi Dukung Upaya PBB Jamin Eskpor Pangan di Ukraina

Negara selanjutnya yang dikunjungi Presiden Jokowi yaitu Moskow, Rusia.

Di Rusia, Jokowi mengadakan pertemuan dengan Presiden Vladimir Putin.

Jokowi menyatakan kesiapannya menjadi jembatan komunikasi antara Rusia dengan Ukraina dan meminta jaminan keamanan Rusia bagi jalur ekspor pangan Ukraina.

Baca Juga: Tiba di Ukraina Hari Ini, Presiden Jokowi Gunakan Kereta Api Khusus

Kunjungan kerja terakhir, Jokowi melakukan lawatan ke Abu Dhabi, PEA, dan bertemu dengan sejumlah pengusaha dan investor PEA.

Di Abu Dhabi, Jokowi juga melakukan pertemuan dengan Presiden PEA, Sheikh Mohamed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan, dan menyaksikan pertukaran dokumen IUAE-CEPA (Indonesia-United Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement) yang telah disepakati kedua negara di Istana Al Shatie, Abu Dhabi.***

Editor: Miftahul Arifin

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x