Sengketa Merek GoTo, Gojek dan Tokopedia Segera Ambil Langkah Hukum ke Terbit Fintech

- 10 November 2021, 22:02 WIB
Tangkapan layar iklan GoTo
Tangkapan layar iklan GoTo /Youtube Tokopedia/

BeritaSampang.com - Penasihat hukum PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dan PT Tokopedia, Law Offices Juniver Girsang & Partners buka suara terkait laporan ke Polda Metro Jaya oleh PT Terbit Financial Technology (PT TFT).

Langkah ini menjadi jawaban atas pelaporan yang dilakukan PT TFT ke Polda Metro Jaya pada PT Aplikasi Karya Anak Bangsa dan PT Tokopedia atas dugaan pelanggaran merek dagang GoTo.

Adapun, dalam laporan polisi Nomor LP/B/5083/X/2021/SPKT/ Polda Metro Jaya tersebut dilaporkan adanya dugaan pelanggaran Pasal 100 ayat (2) dan Pasal 102 UU Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis.

Baca Juga: Kenali 6 Jenis Insomnia yang Bisa Membuatmu Tetap Terjaga di Malam Hari!

Pihak Juniver Girsang & Partners menegaskan kliennya telah memiliki hak penuh untuk merek GoTo untuk kelas barang/jasa. Menurut mereka, tidak benar bila ada pihak lain yang mengaku satu-satunya pemilik merek itu. seperti dikutip dari siaran pers mereka, Rabu, 10 November 2021.

"Saat ini PT Aplikasi Karya Anak Bangsa sedang memproses pendaftaran merek 'GOTO', 'goto', 'goto financial' untuk 21 jenis kelas barang/jasa di Ditjen Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM RI," tulis kuasa hukum.

Baca Juga: First Raiders dan RIMO SADEWA Pimpin Grand Final Turnamen First Warriors - Ultimate Battle Championship

Lebih lanjut, menurut pihak kuasa hukum, ada indikasi pelapor hendak mematikan langkah usaha klien mereka melalui klaim sebagai satu-satunya pihak yang berhak menggunakan merek GoTo dan melarang klien menggunakan merek itu untuk alasan dan keperluan apapun.

Sebelumnya, PT Aplikasi Karya Anak Bangsa dan PT Tokopedia resmi bergabung di bawah payung GoTo, yang merupakan singkatan dari Gojek dan Tokopedia. GoTo juga memiliki bisnis pembayaran dan layanan keuangan yang disebut GoTo Financial.

Halaman:

Editor: Miftahul Arifin


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini