MenKes dan Pemerintah Bekerja Sama Upayakan Indonesia Menuju Endemi 'Ada Tiga Syarat'

- 1 Juni 2022, 15:42 WIB
Ilustrasi. Kemenkes imbau masyarakat jangan tunda vaksin booster.
Ilustrasi. Kemenkes imbau masyarakat jangan tunda vaksin booster. /Antara/Prasetia Fauzani/

BeritaSampang.com - Virus Covid-19 tidak sepenuhnya berakhir di Indonesia. Namun, Pemerintah sangat berupaya agar pandemi Covid-19 segera mejadi endemi di Indonesia.

Upaya Pemerintah untuk menjadikan Indonesia aman dari virus Covid-19 sudah banyak dan terbukti dari adanya dari imbauan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga kebersihan diri seperti mencuci tangan pakai sabun.

Serta imbauan yang lain adalah Pemerintah dengan mengedarkan penguat imun booster kepada masyakarat Indonesia untuk semua lapisan masyarakat.

Baca Juga: Lirik Lagu Are You Really For Me dari Aziz Ngok

Imun booster berupa vaksin sampai tahap 3 kali, hal itu dilakukan agar kesehatan masyrakat Indonesia terjamin dan aman dari paparan virus Covid-19 atau bahkan menularkannya ke orang sekitar.

Dengan demikian virus Covid-19 sudah dapat mulai terkendali di Indonesia atas kerjasama Pemerintah dan masayarakat dengan tetap menjaga kesehatan atau mematuhi protokol kesehatan.

Dalam hal ini, ada tiga syarat kondisi yang harus dipenuhi terlebih dahulu jika Indonesia ingin menentukan transisi pandemi menjadi endemi.

Baca Juga: Lirik Lengkap dari Lagu Beatbox, NCT Dream

Demikian ada beberapa pertimbangan menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, seperti:

Pertama, jika ingin menjadi endemi maka transmisi komunitas harus berada di level 1 selama tiga bulan berturut-turut menurut Menkes.

Halaman:

Editor: Nurul Azizah

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini