Wabah PMK Kian Merebak, Mentan SYL Sebut Lalu Lintas Hewan Adalah Sumber Terjadinya

- 18 Juni 2022, 08:24 WIB
Wabah PMK Kian Merebak, Mentan SYL Sebut Lalu Lintas Hewan Adalah Sumber Terjadinya
Wabah PMK Kian Merebak, Mentan SYL Sebut Lalu Lintas Hewan Adalah Sumber Terjadinya /Instagram/@ditjen_pkh

BeritaSampang.com - Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Indonesia semakin merebak, Menteri Pertanian mengungkapkan salah satunya sumber terjadinya pembawa wabah ini adalah lalu lintas hewan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan penyebaran wabah PMK paling tinggi masih berada di area lalu lintas hewan baik lalu lintas darat maupun tol laut, dikutip BeritaSampang.com dari lama resmi Menteri Pertanian, pertanian.go.id.

Kedua titik tersebut menjadi laju vital karena selalu ada saja peternak yang nekat menerobos jalur tikus. Dari sanalah virus PMK menyebar secara cepat, terutama dari kandang ke kandang. 
 
Baca Juga: Lirik Lagu Dua Lipa 'Blow Your Mind' yang Viral di TikTok

"Lalu lintas hewan menjadi salah satu sumber terjadinya pembawa wabah," ujar SYL.

Mentan SYL berharap, semua jalur lalu lintas hewan, baik darat maupun laut sudah melewati pengecekan karatina.

"Kita berharap diperjalanan lalu lintas hewan melalui laut, darat, dan udara melalui pengecekan karantina. Kita berharap yang didarat juga begitu, tentu saja karena banyak jalan-jalan tikus yang menjadi tantangan tersendiri," kata SYL

Menurut Mentan, penyebaran wabah PMK sangatlah cepat, bahkan bisa menembus jarak radius 30 kilometer. Karena itu, semua petugas yang ada di lapangan betul-betul bisa mengendalikan keberadaan manusia dan juga keluar masuknya hewan ternak. 
 
Baca Juga: Lirik Lagu Dua Lipa - We’re Good

"Wabah ini percepatannya luar biasa, oleh karena itu upaya extraordinary lebih kuat, menjadi bagian-bagian dari jawaban yang ada. Semoga ini bisa membuat kita semua yakin, bahwa wabah PMK secara maksimal bisa kita selesaikan dengan baik," katanya. 

Untuk diketahui, vaksin PMK tahap kedua sejumlah 800 ribu dosis sudah tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat 17 Juni 2022 dini hari.

SYL mengatakan, vaksin tersebut langsung didistribusikan melalui pemerintah daerah dan posko darurat PMK pada zona merah dan zona kuning.

SYL juga menjelaskan, pihaknya akan bekerja sekuat-kuatnya, dan mengerahkan segala kebijakaan untuk wabah PMK ini dengan harapan wabah ini bisa diselesaikan dengan baik.***
 

Editor: Imron Basuki Rahmat

Sumber: pertanian.go.id


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini