Wabah PMK Semakin Menyebar, Pemerintah Salurkan 300 Dosis Vaksin di Malang

- 20 Juni 2022, 23:25 WIB
Wabah PMK Semakin Menyebar, Pemerintah Salurkan 300 Dosis Vaksin di Malang
Wabah PMK Semakin Menyebar, Pemerintah Salurkan 300 Dosis Vaksin di Malang /Instagram/@syasinlimpo

BerutaSampang.com - Pemerintah telah salurkan sebanyak 300 dosis vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) kepada para peternak di wilayah Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Seperti yang dikutip BeritaSampang.com dari ANTARA pada Senin 20 Juni 2022, Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Sri Untari pada mengatakan bahwa sebanyak 300 vaksin PMK tersebut disalurkan kepada para peternak sapi perah Koperasi Sinau Andhandani Ekonomi (SAE) Pujon.

"Saya minta semua koperasi peternakan diprioritaskan. Tapi, selain itu, yang memiliki sapi juga harus diberikan vaksin," ujar Dekopin Untari.
 
Baca Juga: Polisi Ringkus WNA Asal Cina Terkait Kasus Penusukan di Jakarta Barat

Untari merencanakan, ke depannnya ia meminta kepada Dinas Peternakan Kabupaten Malang untuk segera melakukan inventarisasi koperasi untuk proses pendistribusian vaksin PMK tersebut.

Ratusan vaksin tahap awal sudah dilakukan pada 18 Juni 2022.

"Proses inventarisasi jaringan peternak yang tergabung dalam koperasi tersebut akan memudahkan proses distribusi vaksin PMK," ujar Untari.

Wilayah Kecamatan Pujon dipilih menjadi wilayah pertama untuk pendistribusian vaksin PMK karena mayoritas penduduk di wilayah tersebut merupakan peternak.
 
Baca Juga: Chord Dasar dan Lirik Lagu ‘Rumah Singgah’ Fabio Asher, Chord Mudah untuk Dicoba!

"Bagi para peternak, sapi itu adalah mata pencaharian dan tabungan mereka. Ketika sapi mati, mereka betul-betul terpukul," kata Untari.

Berdasarkan data terakhir dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Malang jumlah sapi yang terpapar PMK mencapai 7.557 ekor.

Berdasarkan catatan, tingkat kesembuhan hewan ternak yang terjangkit wabah PMK mencapai 80-90 persen.***

Baca Juga: Lirik Lagu ‘Glimpse of Us’ dari Joji

Editor: Imron Basuki Rahmat

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini