Berbekal Fisik dan Materi saat Berhaji

- 2 Juli 2022, 18:51 WIB
Berbekal Fisik dan Materi saat Berhaji /
Berbekal Fisik dan Materi saat Berhaji / /alymo / pixabay/

BeritaSampang.com - Dari Ibnu ‘Umar, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

الْغَازِى فِى سَبِيلِ اللَّهِ وَالْحَاجُّ وَالْمُعْتَمِرُ وَفْدُ اللَّهِ دَعَاهُمْ فَأَجَابُوهُ وَسَأَلُوهُ فَأَعْطَاهُمْ

“Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang berhaji serta berumroh adalah tamu-tamu Allah. Allah memanggil mereka, mereka pun memenuhi panggilan. Oleh karena itu, jika mereka meminta kepada Allah pasti akan Allah beri” (HR. Ibnu Majah no 2893. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Baca Juga: Memakan Daging yang tidak Diketahui Apakah Disembelih dengan Menyebut Nama Allah atau Tidak

Sesungguhnya berhaji ke Baitullah al-Haram adalah ibadah agung dan syiar agama yang ada sejak zaman Nabi Ibrahim Alaihissallam atau sebelumnya.

Tidak ada yang ragu bahwasanya haji merupakan ibadah yang dirindukan oleh setiap muslim di atas muka bumi ini, yang kalau kita mendengar cerita tentang bagaimana kerinduan kaum muslimin terhadap ibadah haji sungguh sangat luar biasa.

Mulai orang-orang yang mengumpulkan uang bertahun-tahun bahkan puluhan tahun agar bisa berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah.

Disebut mampu disini adalah orang yang mampu melaksanakan ibadah haji baik secara fisik maupun materi.

Seperti mampu untuk berkendaraan, memiliki bekal yang cukup menempuh perjalannya serta meninggalkan nafkah yang cukup untuk anak, istri serta siapa saja yang menjadi tanggungannya.

Baca Juga: Hakikat Talbiyah 'Labbaik Allahumma Labbaik'

Halaman:

Editor: Nurul Azizah

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini