'Facebook' Berganti Nama Menjadi 'Meta', Internet Selular Masa Depan, Langkah yang bagus

- 29 Oktober 2021, 16:31 WIB
Sejarah Facebook yang ganti nama jadi Meta.
Sejarah Facebook yang ganti nama jadi Meta. /REUTERS/Dado Ruvic/Illustration.

BeritaSmapang.com - Perusahaan 'Facebook Inc' resmi berganti nama menjadi 'Meta' sejak Kamis, 28 Oktober 2021 dan diumumkan langsung oleh CEO Facebook, Mark Zuckerberg di ajang Connect 2021 sekaligus memperkenalkan logo baru Meta.

Pergantian nama perusahaan milik Mark Zuckerberg tersebut merupakan langkah untuk me-rebranding perusahaan sehingga berfokus untuk membangun 'metaverse'

Metaverse sendiri merupakan lingkungan virtual yang disebut sebagai penerus internet selular masa depan dimana istilahnya tertulis dalam novel dystopian 'Snow Crash'.

Seperti dikutip BeritaSampang.com dari laman prfmnesw.id berjudul "Facebook Resmi Ganti Nama Menjadi Meta, Siap Wujudkan Dunia Virtual Masa Depan".

Baca Juga: Berikut Alasan Presiden Jokowi Lebih Pilih Garuda Indonesia Untuk Kunjungan Negara

Ini merujuk tentang dunia virtual (online) bersama di mana orang (avatar) bisa bermain game, bekerja, dan berkomunikasi dalam satu lingkungan virtual dengan menggunakan perangkat mereka masing-masing, atau sebelumnya dikenal dengan virtual reality.

"Sudah saatnya kami mengadopsi merek perusahaan baru Meta untuk mencakup semua yang kami lakukan. Mulai sekarang, kami akan menjadikan metaverse pertama, bukan lagi Facebook," kata Zuckerberg dikutip dari Reuters.

Perubahan nama itu terjadi ketika Facebook melawan kritik dari pembuat undang-undang dan regulator atas kekuatan pasarnya, keputusan algoritmik, dan pemolisian pelanggaran pada layanannya. Facebook dituding membiarkan misinformasi dan konten berbahaya menyebar demi mengedepankan keuntungan perusahaan.

Baca Juga: Kritisi Dua Tahun Pemerintahan Jokowi, Buruh dan Mahasiswa Tetap Gelar Aksi Meski dalam kondisi Hujan

Halaman:

Editor: Solehoddin

Sumber: PRFM News


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x