Bab Menerangkan Tentang Menghilangkan Najis Kencing Anak Laki-Laki dan Anak Perempuan

- 30 Januari 2022, 16:35 WIB
Ilustrasi Bayi. Pantat Anak Merah? Berikut Lima Tips Kesehatan untuk Bayi yang Mengalami Ruam Popok atau Iritasi pada Pantat
Ilustrasi Bayi. Pantat Anak Merah? Berikut Lima Tips Kesehatan untuk Bayi yang Mengalami Ruam Popok atau Iritasi pada Pantat /Pexels/ Polina Tankilevitch

 

BeritaSampang.com - BAB MENGHILANGKAN NAJIS

 . عن أبي السمح قال: قال رسول الله ص ريغسل من بول الجارية ويرش من بول الغلام) أخرجه أبو داود والنسائي، وصححه الحاكم.

33. Dari Abis-Samh. Ia berkata: Telah bersabda Rasúlulláh saw. Dicuci dari kencing anak perempuan, dan disiram dari kencing anak laki-laki".

Dikeluarkan-dia oleh Abú Dáwúd dan Nasá-í dan dishahkan-dia oleh Hakim.


Baca Juga: Cara Rasulullah saw dalam Menyucikan Pakaian yang Terkena Najis Daripada Mani


Keterangan :

I. Maqshúd Hadits ini ialah bahwa sesuatu benda yang kena kencing anak perempuan, perlu dicuci, dan yang kena kencing anak laki-laki, cukup dengan disiram sahaja.


II. Ada lain-lain riwayat dari Nabi saw. dan Shahabat, bahwa anak laki laki yang tersebut di Hadits itu ialah yang belum makan makanan selain susu.


III. Oleh sebab Hadits-hadits dan riwayat-riwayat di dalam urusan ini perlu diperbincangkan shahnya, maka lebih baik kita cuci sahaja sesuatu yang kena kencing anak laki-laki itu.

Baca Juga: Penjelasan Tentang Bab Menghilangkan Najis dan Keterangan-Keterangannya

٣٤. عن اسماء بنت أبي بكر. ان النبي ص قال – في دم الحيض يصيب الثواب تحته، ثم تنصحه، ثم تصلي فيه)
متفق عليه

34. Dari Asmá binti Abi Bakr, bahwasanya Nabi saw. pernah ber sabda tentang darah haidl yang mengenai pakaian : ,, (Hendak lah) ia ¹) kerik-dia, kemudian ia gosok-dia dengan air, kemudian ia cuci dia, kemudian ia shalat dengan (memakai)nya". Muttafaq 'alaih.

Halaman:

Editor: Solehoddin


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah