Tradisi Grebeg Pancasila, Kegiatan Rutin Jelang Hari Lahir Pancasila di Kota Blitar

- 2 Juni 2022, 12:57 WIB
foto kegiatan grebeg pancasila di Kabupaten Blitar/Dok. Media Blitar/Yudha Aditya Maulana
foto kegiatan grebeg pancasila di Kabupaten Blitar/Dok. Media Blitar/Yudha Aditya Maulana /

BeritaSampang.com- Grebeg Pancasila rutin diselenggarkan oleh budayawan dan masyarakat Kota Blitar. Tradisi ini rutin digelar saat menjelang peringatan Hari Lahir Pancasila. Grebeg Pancasila dilaksanakan pada tanggal 31 Mei 2022 – 1 Juni 2022 di beberapa titik di kota Blitar di antaranya Museum Istana Gebang, Makam Bung Karno, sampai Kantor Walikota Blitar.

“Bertepatan dengan hari lahir Pancasila secara rutin pelaksanaan gerebek Pancasila bisa berjalan dengan lancar. Terlebih didukung dengan cuaca cukup dingin dan teduh dari pagi. ini pertanda alam bersahabat dengan momentum hari lahir Pancasila," ujar Wali Kota Blitar Santoso.

Budayawan dan masyarakat beramai-ramai mengikuti rangkaian acara. Grebeg Pancasila ini dibalut dengan tradisi budaya Jawa, adapun rangkaian Grebeg Pancasila yang diikuti oleh masyarakat umum.

Baca Juga: Bangun Pagi Bisa Membuat Orang Sukses? Begini Tips Maudy Ayunda!

  1. Bedhol Pusaka

Ritual ini diselenggarakan di Istana Gebang pada hari Selasa 31 Mei 2022 sekitar pukul 19.00 WIB sampai selesai. Kirab dimulai dari dalem agung Istana Gebang menuju Kantor Walikota Blitar. Dalam kirab ini rombongan akan dikawal Bregodo 1, Bregodo 6, dan Bregodo 45. Bregodo adalah sebutan bagi pasukan khusus pengawal lambang Negara, biasanya mereka digambarkan seperti prajurit keratin berpakaian adat Jawa.

  1. Tirakatan atau Macapat

Dilakukan ketika rombongan kirab sampai di Kantor Walikota Blitar. Diisi dengan kegiatan renungan dan pelantunan tembang Macapat di malam hari menjelang tanggal 1 Juni.

  1. Upacara Budaya

Kegiatan Upacara dilaksanakan pada hari Rabu, 1 Juni 2022 bertempat di Aloon-aloon Kota Blitar yang dimulai pukul 07.00 WIB dan diperdengarkan rekaman pidato Bung Karno yang diiringi dengan Ketawang Ibu Pertiwi

Baca Juga: Inilah 7 Wanita Cantik Pemilik PO Bus di Indonesia, Salah Satunya Lulusan Kedokteran

  1. Kirab Gunungan Lima

Prosesi ini merupakan arak-arakan Gunungan Lima yang menjadi simbol lima sila dalam Pancasila. Kelima simbol ini juga dikawal oleh para Bregodo.

Halaman:

Editor: Imron Basuki Rahmat

Sumber: Media Blitar


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini