Inilah Profil Menteri dan Wakil Menteri Baru Kabinet Indonesia Maju

- 16 Juni 2022, 06:04 WIB
Inilah Profil Menteri dan Wakil Menteri Baru Kabinet Indonesia Maju
Inilah Profil Menteri dan Wakil Menteri Baru Kabinet Indonesia Maju /Instagram/@jokowi

BeritaSampang.com - Presiden RI Joko Widodo pada Rabu 15 Juni 2022, menunjuk dua menteri dan tiga wakil menteri baru  di jajaran Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan 2019-2024.

Seperti yang dikutip BeritaSampang.com dari ANTARA, Dua menteri baru yang dilantik adalah Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan dan Mantan Panglima TNI, Hadi Tjahjanto.

Sementara untuk tiga wakil menteri yang dilantik yaitu Raja Juli Antoni, John Wempi Wetipo  dan Afriansyah Noor.

Presiden Jokowi melantik Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan, sedangkan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) sekaligus Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Baca Juga: Prakiraan Cuaca di Wilayah Malang dan Sekitarnya Hari Ini, Kamis 16 Juni 2022

Sementara Raja Juli Antoni sebagai Wamen ATR sekaligus Wakil Kepala BPN.

Afriansyah Noor diperkenankan sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan, sedangkan John Wempi Wetipo diperkenalkan sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri.

Zulkifli Hasan berasal dari Parpol PAN dengan jabatan sebelumnya Ketua Umum Pertai Amanat Nasional (PAN), Ketua MPR Periode 2014-2019 serta pernah menjabat sebagai Menteri Kehutana pada tahun 2009-2014.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca di Wilayah Jember dan Sekitarnya Hari Ini, Kamis 16 Juni 2022

Sementara Hadi Tjahjanto berasal dari non-parpol dengan jabatan sebelumnya yakni Panglima Tentara Nasional Indonesia Periode 2017-2021.

Raja Juli Antoni, asal Riau. Berasal dari Parpol Partai Solidaritas Indonesia, jabatan sebelumnya sebagai mantan Ketua Asosiasi Mahasiswa Muhammadiyah.

Afriansyah Noor, pria asal Jayawijaya, berasal dari Parpol Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Sebelumnya pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan dan Rakyat (PUPR) dan juga sebagai Bupati Jayawijaya Periode 2008-2013 serta Periode 2013-2018.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca di Wilayah Surabaya dan Sekitarnya Hari Ini, Kamis 16 Juni 2022

Terakhir John Wempi Wetipo, berasal dari Parpol Partai Bulan Bintang. Ditunjuk sebagai Wamenaker mendampingin Menaker Ida Fauziyah.***

Editor: Miftahul Arifin

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini