Menteri Sosial Paparkan Empat Strategi Persoalan Penanganan Bansos

- 7 September 2021, 22:08 WIB
Mensos Tri Rismaharini.
Mensos Tri Rismaharini. /Dok. Biro Humas Kemensos/

BeritaSampang.com - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengakui mengawal penyaluran bantuan sosial tepat sasaran merupakan suatu keniscayaan.

Dirinya berharap masyarakat miskin, rentan, dan terdampak pandemi Covid-19 bisa merasakan kehadiran negara di tengah pendemi.

Dalam menjawab persoalan tersebut, Mensos Risma membeberkan empat strategi yang dinilai dapat mengatasi persoalan bantuan sosial.

Baca Juga: Mengenang Kematian Munir, Komnas HAM Tetapkan Hari Perlindungan Pembela HAM Indonesia

Dikutip BeritaSampang.com dari laman ZonaBanten.com yang berjudul "Ini Strategi Mensos Risma Agar Penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Kemensos 2021 Tepat Sasaran".

Pertama, melakukan perbaikan sistem walaupun tidak semua masyarakat melek sehingga perlu menerjunkan tim Kementerian Sosial (Kemensos) ke lapangan untuk mengetahui persis permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat.

“Perbaikan sistem itu berat tapi harus dilaklukan untuk merubah ke arah yang lebih baik dimulai dari pembaruan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), meng-cleansing data ganda, memadankan data dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK), ” terang Risma. 

Baca Juga: Polda Sulawesi Selatan Tetapkan 2 Tersangka Kasus Anak Jadi Tumbal Pesugihan di Gowa

Namun, dalam upaya perbaikan data penerima bantuan perlu melibatkan peran aktif dari Pemerintah Daerah (Pemda), tetapi masih ada pemda yang tidak aktif dan peduli sehingga berdampak pada tidak akuratnya penerima bantuan di daerahnya.

Halaman:

Editor: Miftahul Arifin

Sumber: Zona Banten


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini