Jokowi Dukung Upaya PBB untuk Jamin Kelancaran Ekspor Pangan Ukraina

- 30 Juni 2022, 12:45 WIB
Jokowi Dukung Upaya PBB untuk Jamin Kelancaran Ekspor Pangan Ukraina
Jokowi Dukung Upaya PBB untuk Jamin Kelancaran Ekspor Pangan Ukraina /Instagram/@jokowi

BeritaSampang.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan dukungannya terhadap upaya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menjamin kelancaran ekspor pangan Ukraina.

Pada Rabu 29 Juni 2022, Jokowi bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyampaikan bahwa Ukraina berperan penting dalam rantai pasok pangan dunia.

Jokowi menyampaikan pentingnya upaya yang maksimal agar Ukraina bisa kembali melakukan ekspor bahan pangan di tengah perang yang dipicu oleh invasi Rusia ke negara itu sejak 24 Februari 2022.

Baca Juga: Pimpinan NU dan PERSIS Kompak Umumkan Awal Dzulhijjah 1443 H

"Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut. Saya mendukung upaya PBB dalam hal ini," kata Presiden dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, seperti dikutip BeritaSampang.com dari ANTARA.

Sebelumnya, pernyataan tersebut sudah disampaikan Jokowi saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi G7 di Elmau, Jerman, pada Senin 27 Juni 2022.

Jokowi juga meminta dukungan negara-negara anggota G7 untuk ikut membantu memfasilitasi ekspor gandum Ukraina agar dapat segera berjalan kembali.

Dalam pertemuannya dengan Zelensky, Jokowi juga melanjutkan undangan kepada Ukraina secara langsung untuk berpartisipasi dalam KTT G20 di Bali November mendatang.

Baca Juga: Hadapi Kaya FC, Bali United Siap Tampil All Out

Jokowi juga menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memperkokoh kerja sama bilateral dengan Ukraina, yang tahun ini genap berusia 30 tahun.

"Tahun ini adalah 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Ukraina. Saya menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memperkuat kerja sama yang lebih baik," kata Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, Zelenskyy menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kehadiran Presiden Indonesia tersebut ke Ukraina.

"Terima kasih atas kehadiran Presiden Jokowi yang merupakan kunjungan pertama pemimpin Asia sejak invasi melanda Ukraina. Saya juga mengundang kalangan usaha Indonesia untuk berpartisipasi dalam rekonstruksi Ukraina pascaperang," kata Presiden Zelenskyy.

Selanjutnya, Jokowi rencananya akan melanjutkan kunjungan kerjanya ke Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin.***

Baca Juga: Presiden Jokowi Dukung Upaya PBB Jamin Eskpor Pangan di Ukraina

Editor: Imron Basuki Rahmat

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x