Presiden Jokowi Dukung Upaya PBB Jamin Eskpor Pangan di Ukraina

- 30 Juni 2022, 12:06 WIB
Presiden Joko Widodo mendukung inisiatif PBB dalam memfasilitasi ekspor bahan pangan dari Ukraina.
Presiden Joko Widodo mendukung inisiatif PBB dalam memfasilitasi ekspor bahan pangan dari Ukraina. /presidenri.go.id

BeritaSampang.com - Di tengah agenda kunjungannya ke Ukraina, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mendukung inisiatif Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menjamin kelancaran ekspor pangan di Ukraina di tengah konflik Ukraina dan Rusia.

Hal itu diutarakan Presiden Jokowi saat bertemu Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Rabu, 29 Juni 2022 kemarin. Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa Ukraina memiliki peran penting dalam mata rantai pasokan bahan pangan dunia.

Oleh karen itu, Presiden Jokowi menilai perlu dukungan dan upaya maksimal kepada Ukraina agar bisa kembali melakukan ekspor bahan pangan.

Baca Juga: Berikan Bantuan di Rumah Sakit Ukraina, Iriana Jokowi: Semoga Perang Berakhir

“Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut. Saya mendukung upaya PBB dalam hal ini,” kata Presiden Jokowi dikutip BeritaSampang.com dari Antara, Kamis, 30 Juni 2022.

Hal yang sama juga sempat disampaikan Presiden Jokowi saat menghadiri KTT G7 di Jerman sebelum bertolak ke Ukraina. Saat itu Presiden Jokowi meminta negara-negara anggota G7 untuk mendukung dan memfasilitasi ekspor gandum Ukraina agar bisa berjalan kembali.

Selain masalah ekspor gandum dari Ukraina. Presiden Jokowi juga menyinggung pentingnya ekspor komoditas pangan dan pupuk dari Rusia untuk memenuhi kebutuhan global.

Baca Juga: Intip Kemewahan Kereta Luar Biasa yang Digunakan Presiden Jokowi untuk Berangkat ke Kyiv Ukraina

Bertemu dengan Presiden Ukraina, Zelensky. Presiden Jokowi menyampaikan undangan langsung untuk berpartisipasi di KTT G20 di Bali pada November mendatang.

Halaman:

Editor: Miftahul Arifin

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x