Sri Mulyani dan Pemimpin Keuangan Dunia Bahas Perang Ukraina-Rusia dan Inflasi di G20 Bali

- 15 Juli 2022, 09:50 WIB
 Pemimpin keuangan dunia di G20 yang diadakan di Bali pada Kamis, 14 Juli 2022
Pemimpin keuangan dunia di G20 yang diadakan di Bali pada Kamis, 14 Juli 2022 /YouTube/BI/

BeritaSampang.com - Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati mengatakan pada hari Jumat bahwa sangat penting bagi para pemimpin keuangan G20 untuk mencapai konsensus selama pembicaraan di Bali, memperingatkan jika tidak, itu bisa menjadi "bencana" bagi negara-negara berpenghasilan rendah yang menghadapi kenaikan harga pangan dan energi. 

Para pemimpin keuangan dari Kelompok 20 negara-negara ekonomi utama bertemu di Bali. Sebagai tuan rumah, Indonesia mencoba untuk menemukan titik temu dalam kelompok yang dilanda perang Ukraina dan meningkatnya tekanan ekonomi dari melonjaknya inflasi. 

Invasi Rusia ke Ukraina, yang disebut Kremlin sebagai "operasi militer khusus", telah membayangi pertemuan G20 sebelumnya, termasuk pertemuan para menteri luar negeri pekan lalu. 

Baca Juga: Taklukan Borneo FC, Arema FC Jaga Peluang Amankan Trofi Piala Presiden

Sri Mulyani mengatakan dunia memiliki harapan besar bahwa kelompok itu akan dapat menemukan solusi untuk tiga ancaman perang, kenaikan harga komoditas, dan efek limpahannya pada kemampuan negara-negara berpenghasilan rendah untuk membayar utang. 

"Kami sangat sadar bahwa biaya kegagalan kami untuk bekerja sama lebih dari yang kami mampu. Konsekuensi kemanusiaan bagi dunia, dan terutama bagi banyak negara berpenghasilan rendah akan menjadi bencana besar," katanya. 

Anggota G20 termasuk negara-negara Barat yang telah memberlakukan sanksi terhadap Rusia dan menuduhnya melakukan kejahatan perang di Ukraina - yang dibantahnya - serta negara-negara seperti China, India dan Afrika Selatan, yang lebih diam dalam tanggapan mereka. 

Sri Mulyani meminta anggota G20 untuk lebih sedikit berbicara tentang politik dan "membangun jembatan antara satu sama lain" untuk memberikan keputusan dan tindakan yang lebih teknis. 

Baca Juga: Mantan Istri Pertama Donald Trump, Ivana Trump Meninggal Dunia

Halaman:

Editor: Imron Basuki Rahmat

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x