Rukyatul Hilal Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Penentuan 1 Syawal 1443 Hijriyah

- 23 April 2022, 14:34 WIB
BMKG telah mempersiapkan 34 tim untuk melakukan pemantauan hilal yang bertujuan untuk menentukan 1 Syawal 1443 Hijriah lebaran 2022.
BMKG telah mempersiapkan 34 tim untuk melakukan pemantauan hilal yang bertujuan untuk menentukan 1 Syawal 1443 Hijriah lebaran 2022. /PIXABAY/LN_Photoart/

 

BeritaSampang.com - Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) melakukan pemantauan Hilal atau Rukyataul Hilal 1 Syawal 1443 Hijriah pada Minggu 1 Mei 2022.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) menentukan lebaran tahun 2022 dengan dilengkapi data-data hisab hilal.

Rahmat Triyono mengatakan mengatakan untuk mekanisme pengamatannya menggunakan teleskop atau teropong terkomputerisasi yang dipadukan dengan teknologi informasi. Beliau selaku Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG.

Baca Juga: Fenomena Terjadinya Hujan Ikan yang Tejadi di Hondulas Yoro atau 'Lluvia de Peces'

Dalam hal ini Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) bekerjasama dengan Ormas Islam, Kementerian Agama (Kemenag), dan elemen masyarakat.

Seperti dilansir BeritaSampang.com dari PikiranRakyat.com berjudul, "BMKG akan Gelar Rukyatul Hilal Penentuan 1 Syawal 1443 H Lebaran 2022 di 31 Titik"

Rukyatul Hilal tersebut menurutnya akan dilakukan oleh 34 tim di 31 lokasi yang berbeda.
 
Adapun lokasi Rukyatul Hilal berada di Aceh Besar, Deli Serdang, Tapanuli Tengah, Padang, Bengkulu, Tanjung Pinang, Batam, Serang, Pandeglang, Tanggerang, Subang, Kebumen, Tegal, Yogyakarta, Malang, Badung, Mataram, Kupang, Waingapu, Alor, Balikpapan, Makassar, Donggala, Manado, Kolaka, Gorontalo, Ternate, Ambon, Sorong, dan Jayapura.

Baca Juga: Perubahan Iklim yang Disebabkan oleh Kentut Sapi atau Dikenal dengan Sebutan Climate Change

Menurut Rahmat, dengan teknologi yang ada, nantinya data tersebut akan langsung dikirim ke server dan disebarluaskan ke masyarakat.

“Dengan teknologi informasi, data tersebut langsung dikirim ke server di BMKG Pusat, untuk kemudian disimpan dan disebarluaskan secara daring ke seluruh dunia melalui https://www.bmkg.go.id/hilal,” ucapnya.
 
Ia menjelaskan, berdasarkan data-data perbedaan matahari terbit dan terbenam di setiap daerah, BMKG akan melaksanakan Rukyatul Hilal pada Minggu 1 Mei 2022, dengan hilal berpotensi teramati.

Baca Juga: Polda DIY Pastikan Tidak Akan Ada Penyekatan dan Pemeriksaan Kendaraan di Perbatasan Mudik Lebaran 2022

Menurutnya, masyarakat dapat ikut serta melihat hilal penentu awal bulan Syawal 1443 H pada Minggu nanti di waktu sore hingga petang.

Masyarakat dapat mengakses secara langsung maupun via daring di website BMKG dari rumah masing-masing.

Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas dipastikan akan mengumumkan awal bulan Syawal 1443 Hijriah melalui sidang Isbat setelah proses pengamatan hilal.

Baca Juga: Dishub Sumsel Petakan Ruas Jalan Raya yang Diperkirakan Rawan Alami Kemacetan Jelang Lebaran

Masyarakat dapat memantau Rukyatul Hilal melalui saluran resmi BMKG, seperti Instagram dan Twitter @infobmkg atau melalui laman resmi BMKG.***(Irwan Suherman/PikiranRakyat)

Editor: Solehoddin


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini