Menteri Pertahanan ASEAN Sepakat Memperkuat Kerja Sama Regional

- 23 Juni 2022, 16:44 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di sela-sela acara ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) ke-16 di Phnom Penh, Kamboja, Rabu, 22 Juni 2022.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di sela-sela acara ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) ke-16 di Phnom Penh, Kamboja, Rabu, 22 Juni 2022. /Tim Media Prabowo Subianto/

BeritaSampang.com - ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) yang ke-16 diadakan di ibukota Kamboja, Phnom Penh.

Pertemuan tersebut diadakan secara langsung pada Rabu, 22 Juni 2022.

Dua tahun sebelumnya, pertemuan ADMM diadakan setelah virtual karena pandemi virus corona.

Baca Juga: Piala Presiden 2022: Tak Puas Bermain Imbang, Milo Sebut Lini Depan Borneo FC Mandul

Para menteri pertahanan Membahas tentang deklarasi kerja sama pertahanan negara-negara untuk memperkuat solidaritas keamanan yang harmonies. 

Deklarasi tersebut menegaskan kembali komitmen negara-negara untuk meningkatkan dialog strategis dan kerja sama pertahanan praktis melalui ADMM dan ADMM-Plus sebagai arsitektur keamanan utama kawasan, dan menyoroti pentingnya sentralitas ASEAN dan kebutuhan untuk menegakkan tatanan aturan yang berlaku dalam hukum internasional.

ADMM-Plus merupakan pertemuan yang melibatkan negara-negara ASEAN, Australia, China, India, Jepang, Selandia Baru, Republik Korea, Rusia, serta Amerika Serikat.

Baca Juga: Piala Presiden 2022: Dejan Apresiasi Kerja Keras Pemain

Menteri Pertahanan Ng Eng Hen mengatakan diskusi di ADMM mencakup berbagai masalah keamanan saat ini, termasuk ancaman di dunia maya dan domain informasi.

Pertemuan tersebut juga membahas kerangka acuan ADMM Cybersecurity and Information Center of Excellence (ACICE), yang merinci ruang lingkup kegiatannya.

Halaman:

Editor: Nurul Azizah

Sumber: Strait Times


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x