Joe Biden Memprediksi Beberapa Negara Bagian Akan Menangkap Wanita yang Bepergian untuk Aborsi

- 2 Juli 2022, 21:43 WIB
Joe Biden yang merupakan presiden Amerika Serikat
Joe Biden yang merupakan presiden Amerika Serikat /Twitter/@joebiden

BeritaSampang.com - Presiden Amerika Serikat, Joe Biden memperkirakan pada hari Jumat bahwa beberapa negara bagian AS akan mencoba menangkap wanita karena melintasi batas negara bagian untuk melakukan aborsi setelah Mahkamah Agung AS membatalkan hak konstitusional untuk prosedur secara nasional.

Tiga belas negara bagian yang dipimpin Partai Republik melarang atau sangat membatasi prosedur di bawah apa yang disebut "undang-undang pemicu" setelah pengadilan membatalkan putusan penting tahun 1973 Roe v. Wade minggu lalu. Wanita di negara bagian yang mencari aborsi mungkin harus melakukan perjalanan ke negara bagian yang tetap legal.

Mengadakan pertemuan virtual tentang hak aborsi dengan gubernur negara bagian Demokrat pada hari Jumat, Biden mengatakan dia berpikir "orang-orang akan terkejut ketika negara bagian pertama mencoba menangkap seorang wanita karena melewati batas negara bagian untuk mendapatkan layanan kesehatan."

Baca Juga: Lirik dan Chord Gitar Lagu 'Satu Hari di Bulan Juni' Tulus

"Dan saya tidak berpikir orang percaya itu akan terjadi. Tapi itu akan terjadi, dan itu akan mengirim telegram ke seluruh negeri bahwa ini adalah kesepakatan raksasa yang melampaui; Maksud saya, itu mempengaruhi semua hak dasar Anda." Tambahnya.

Biden mengatakan pemerintah federal akan bertindak untuk melindungi perempuan yang harus melewati batas negara bagian untuk melakukan aborsi dan memastikan akses mereka ke pengobatan di negara bagian yang melarangnya.

Gubernur New Mexico, Michelle Lujan Grisham, mengatakan pada pertemuan itu bahwa negaranya "tidak akan bekerja sama" dalam setiap upaya untuk melacak wanita yang telah melakukan aborsi untuk menghukum mereka. "Kami tidak akan mengekstradisi," katanya.

Baca Juga: Anime Classroom of the Elite Season 2 Rilis Opening Terbarunya, Tampilkan Sosok Ayah dari Ayanokouji Kiyotaka

Kelompok hak aborsi telah mengajukan undang-undang di beberapa negara bagian yang berusaha mempertahankan kemampuan perempuan untuk mengakhiri kehamilan.

Halaman:

Editor: Imron Basuki Rahmat

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x