Jelang Idhul Adha, Pemerintah Jamin Ketersediaan Hewan Kurban bagi Masyarakat

- 9 Juni 2022, 13:40 WIB
Jelang Idhul Adha, Pemerintah Jamin Ketersediaan Hewan Kurban untuk Idul Adha 1443 H
Jelang Idhul Adha, Pemerintah Jamin Ketersediaan Hewan Kurban untuk Idul Adha 1443 H /Instagram/@syasinlimpo

BeritaSampang.com - Pemerintah mempercepat penanganan virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang tengah menyerang hewan ternak di Indonesia saat ini untuk menjamin ketersediaan hewan kurban bagi masyarakat dalam menghadapi Idul Adha 1443 Hijriah pada awal Juli 2022.

Dikutip BeritaSampang.com dari ANTARA, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat memimpin langsung Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) terkait Penanganan dan Pengendalian PMK yang digelar secara daring, Rabu 8 Juni 2022, mengatakan akan terus mengawasi secara mingguan dan mengikuti secara teknis.

Airlangga mengatakan, pemerintak akan melakukan penanganan sesuai dengan permintaan Bapak Presiden, penanganannya dibuat sampai mikro.

Baca Juga: Jaksa AS Katakan R Kelly Pantas dapat Hukuman 25 Tahun Penjara atas Kasus Pelecehan Seksual

"Kami tangani seperti penanganan pandemi Covid-19, karena ini sangat mempengaruhi perekonomian rakyat,” kata Airlangga.

Saat ini, Pemerintah terus melakukan berbagai upaya penanganan PMK, mulai dari pembentukan Gugus Tugas Penanganan Virus PMK yang rencananya sampai dengan di tingkat kecamatan/desa, serta pusat krisis yang berkolaborasi dengan TNI/Polri beserta instansi terkait lainnya.

Sebelumnya, Menteri Peternakan Syahrul Yasin Limpo turun langsung ke lapangan untuk mengecek ketersediaan stok daging sapi untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat.

Baca Juga: Boston Celtics Membutuhkan 2 Kemenagan Lagi Untuk Menjadi Juara NBA Setelah Mengalahkan Golden State Warriors

Baca Juga: Lyodra Luncurkan Lagu Bersama Calum Scott, Teaser Heaven Hingga Ditonton Ribuan Kali

"Hari ini saya bersama Dirjen Peternakan dan jajaran Kementerian Pertanian yang bertanggung jawab akan ketersediaan daging dan produk ternak, turun langsung cek ketersediaan daging kita menghadapi Idul Qurban yang sebentar lagi dan dipastikan stok daging aman dan cukup untuk konsumsi dalam negeri," demikian ditegaskan Mentan Syahrul.

Syahrul menambahkan untuk menjamin ketersediaan stok daging, Kementerian Pertanian (Kementan) bersama pemerintah daerah terus melakukan upaya penanganan dan pengendalian terhadah wabah penyakit mulut dan hewan (PMK) yang menjangkit ternak di beberapa daerah.

"Kita tidak perlu khawatir karena pasokan dari daerah yang masuk zona hijau yakni daerah yang tidak ada kasus PMK sangat cukup untuk kebutuhan kita khususnya untuk Idul Adha," ucap syahrul.

Kita akan terus jaga dan mantapkan proses distribusi sapi sehingga supply dan demand ternak dapat berjalan lancar. Yang terpenting, daging sapi pun aman dikonsumsi," jelasnya.***

Baca Juga: BTS Trending 1 di Youtube Setelah Rilis Teaser MV Yet To Come The Most Beautiful Moment


Editor: Imron Basuki Rahmat

Sumber: Kementrian Pertanian ANTARA


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah