Pengamat Politik Menilai Pertemuan Prabowo-Cak Imin untuk Merespon Terbentuknya KIB

- 20 Juni 2022, 12:21 WIB
Pengamat Politik Menilai Pertemuan Prabowo-Cak Imin untuk Merespon Terbentuknya KIB
Pengamat Politik Menilai Pertemuan Prabowo-Cak Imin untuk Merespon Terbentuknya KIB /Instagram/@cakiminow/

BeritaSampang.com - Peneliti Senior Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menanggapi pertemuan Prabowo Subianto dengan Muhaimin Iskandar.

Seperti yang dikutip BeritaSampang.com dari ANTARA pada Senin, Siti Zuhro mengatakan pertemuan Ketua Umum Gerindra tersebut dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (Cak Imin) merespons terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

"Karena siapa pun tidak mau sendirian ditinggalkan," kata Peneliti Senior Pusat Penelitian Politik LIPI Prof. Siti Zuhro saat dihubungi di Jakarta, Minggu 19 Juni 2022.

Baca Juga: Tak Hanya Soal Capres, Laskar Ganjar-Puan Kenang Perjuangan Soekarno

Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di kediaman Menteri Pertahanan tersebut pada Sabtu malam 18 Juni 2022.

K​​​​​​IB sendiri adalah koalisi dari tiga partai, yaitu Partai Golkar, PPP dan PAN yang dibentuk untuk menanggapi Pemilihan Presiden 2024.

Siti mengatakan, tidak hanya Gerindra dan PKB yang merespon, namun semua partai politik juga akan merespons sikap politik KIB dalam waktu dekat atau setidaknya menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Baca Juga: Legenda Tinju Mike Tyson Setuju untuk Hadapi Youtuber Jake Paul

"Semua partai akan merespons apa yang sudah dilakukan KIB termasuk merespons yang sudah dilakukan NasDem dengan mendeklarasikan tiga calon yang akan diusung pada Pilpres 2024," kata pengamat politik itu.

Partai politik, menurutnya akan bermanuver atau melakukan pertemuan guna membentuk kemungkinan-kemungkinan koalisi baru menjelang Pilpres 2024.

Siti menilai, apa yang ditampilkan oleh para elite partai merupakan sesuatu yang wajar dalam dunia politik. Namun, dapat menjadi hal tidak wajar apabila pimpinan partai hanya sibuk melakukan hal itu saja.

Baca Juga: Max Verstappen Memperbesar Keunggulan di Puncak Klasemen Setelah Juara Canada Grand Prix 2022

Apabila para elite partai hanya sibuk bersilaturahmi maka yang akan dirugikan ialah masyarakat luas. Apalagi, membangun bangsa dan negara serta tidak hanya terfokus pada koalisi semata.

Terkait pertemuan Prabowo Subianto dan Cak Imin, Siti menyakini kedua partai sedang membangun kerja sama menuju koalisi untuk Pemilu 2024.***

Editor: Miftahul Arifin

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini