Isu Kenaikan Harga BBM Picu Peningkatan Konsumsi BBM Bersubsidi di Jember

- 2 September 2022, 20:38 WIB
Isu Kenaikan Harga BBM Picu Kenaikan Tingkat Konsumsi BBM Bersubsidi di Jember
Isu Kenaikan Harga BBM Picu Kenaikan Tingkat Konsumsi BBM Bersubsidi di Jember /Pexels/Skitterphoto

BeritaSampang.com - Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite dan biosolar di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) di Kabupaten Jember, Jawa Timur mengalami peningkatan selama beberapa hari terakhir menjelang isu adanya kenaikan BBM subsidi.

"Isu kenaikan BBM juga meningkatkan konsumsi BBM di sejumlah SPBU dalam beberapa hari terakhir," kata Sales Branch Manager Pertamina Wilayah V Malang saat di Kabupaten Jember, Jumat, 2 September 2022.

Ia mengatakan kuota BBM jenis pertalite pada 2022 di Kabupaten Jember sebanyak 144.210 kiloliter, namun realisasi serapannya sejak Januari hingga Agustus 2022 sudah mencapai 137.170 kiloliter atau 95,1 persen.

Baca Juga: Polisi Musnahkan Ladang Ganja 4 Hektare di Aceh Besar

Sedangkan untuk biosolar kuota di Kabupaten Jember sebanyak 79.192 kiloliter dan sudah terserap selama Januari hingga Agustus 2022 sebanyak 58.840 kiloliter atau mencapai 74,3 persen.

"Peningkatan konsumsi BBM subsidi jenis pertalite sangat signifikan setelah kenaikan BBM nonsubsidi jenis pertamax pada April 2022, bahkan peningkatannya pada Juni-Agustus 2022 mencapai 44 persen dibandingkan pada Januari-Maret 2022," tuturnya.

Selain itu, lanjut dia, adanya isu kenaikan harga BBM yang terjadi pada Agustus 2022 sangat berpengaruh terhadap tingkat konsumsi BBM bersubsidi di Kabupaten Jember.

Baca Juga: Harga Karet Terus Merosot, Imbas Dari Krisis Global

"Jika melihat angka realisasi pertalite dan biosolar sepertinya agak berat dan khawatir tidak bisa mencukupi kebutuhan masyarakat hingga Desember 2022, sehingga kami minta bantuan Polres Jember untuk melakukan pengawasan jalur BBM subsidi," katanya.

Halaman:

Editor: Miftahul Arifin

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x