Komamdo Armada I TNI AL Tepis Isu Terkait Ribuan Kapal Asing di Laut Natuna, Arsyad: Kami Tidak Menemukan

- 17 September 2021, 23:34 WIB
Kapal induk Liaoning China di Laut Natuna Utara.
Kapal induk Liaoning China di Laut Natuna Utara. /Reuters/Stringer/

BeritaSampang.com - Komando Armada I TNI AL memastikan tidak menemukan ribuan kapal asing di Laut Natuna Utara.

Panglima Komando Armada I Laksmana Muda TNI Arsyad Abdullah menjelaskan, saat patroli di batas landas kontinen dan pantauan udara situasi Laut Natuna Utara, pihaknya tidak menemukan adanya kapal asing yang menangkap ikan.

Diketahui sebelumnya isu terkait ribuan kapal asing sebab beredarnya video dari nelayan Indonesia yang merekam adanya enam kapal asing di wilayah zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia.

Baca Juga: Human Rights Watch Soroti TNI AD Soal Tes Keperawanan Bagi Calon Kowad

Seperti dikutip BeritaSampang.com dari laman pikiran-rakyat.com berjudul "Panglima TNI AL Sebut Kabar Ribuan Kapal Asing Masuk Natuna Utara Tak Berdasar: Cuma Ada Beberapa".

Lima kapal perang (KRI) dikerahkan TNI Angkatan Laut (AL) secara bergantian untuk memantau situasi di Laut Natuna Utara, setelah ramainya kabar mengenai munculnya sejumlah kapal perang China di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia pada Senin lalu.

Namun, saat melaksanakan patroli di batas landas kontinen, sebagaimana isu yang beredar di masyarakat itu, TNI AL tidak menemukan ribuan kapal asing yang berlayar di Perairan Laut Natuna Utara.

Baca Juga: Bekerja Sama dengan TNI Angkatan Laut dan Koarmada 2 Pemerintah Surabaya lakukan Vaksinasi Massal

Hal itu disampaikan Panglima Komando Armada (Koarmada) I Laksmana Muda TNI Arsyad Abdullah di Natuna, Kepri, Jumat, 17 September 2021.

Halaman:

Editor: Miftahul Arifin

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x