Sebuah Pemakaman Kuno Ditemukan di Bawah Rumah di Peru

- 23 Juni 2022, 20:42 WIB
Ilustrasi. Ditemukan Makam Kuno di Bawah Rumah di Peru
Ilustrasi. Ditemukan Makam Kuno di Bawah Rumah di Peru /Pixabay/moonykim

BeritaSampang.com - Para ilmuwan telah menemukan makam era Inca di jantung ibu kota Peru, Lima.

Kata para arkeolog pada hari Rabu, sebuah pemakaman yang digali di bawah rumah kelas pekerja dan diyakini menyimpan jenazah bangsawan yang dibungkus kain di samping keramik dan ornamen halus.

Dilansir BeritaSampang.com, Kepala arkeolog Julio Abanto mengatakan kepada Reuters bahwa makam berusia 500 tahun itu berisi "beberapa bundel penguburan" yang dibungkus rapat dengan kain.

Baca Juga: Lirik Lagu ‘Tutur Batin’ dari Yura Yunita

Dia mengatakan yang dimakamkan kemungkinan adalah elit dari masyarakat Riricancho, sebuah budaya yang pernah menghuni Lima saat sebelum Inca yang kuat datang untuk memerintah kerajaan yang luas di sepanjang Amerika Selatan bagian barat pada tahun 1400-an.

Terkenal karena emas dan konstruksinya yang canggih, termasuk tempat peristirahatan kerajaan di puncak gunung Machu Picchu, Inca ditaklukkan oleh penjajah Spanyol pada tahun 1532.

Hipolito Tica, pemilik rumah di Lima, mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia diliputi oleh emosi atas penemuan yang mengejutkan itu.

Baca Juga: Widi Vierra Alami Pelecehan Seksual, Akhirnya Cerita!

"Luar biasa. Saya benar-benar tidak bisa berkata apa-apa untuk menggambarkannya," katanya, mengungkapkan harapan bahwa generasi masa depan di lingkungan kelas pekerja San Juan de Lurigancho akan lebih menghargai kekayaan sejarah di sekitar mereka.

Halaman:

Editor: Imron Basuki Rahmat

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x