Pimpinan Dunia Angkat Suara Tentang Dicabutnya Hak Aborsi Di Amerika

- 25 Juni 2022, 09:46 WIB
Emmanuel Macron yang merupakan Presiden Prancis menanggapi tentang hak aborsi yang dicabut di Amerika Serikat
Emmanuel Macron yang merupakan Presiden Prancis menanggapi tentang hak aborsi yang dicabut di Amerika Serikat /Twitter/@emmanuelmacron

BeritaSampang.com - Mahkamah Agung A.S. pada hari Jumat, 24 Juni 2022, mengambil langkah dramatis untuk membatalkan keputusan penting tahun 1973 Roe v. Wade yang mengakui hak konstitusional seorang wanita untuk aborsi dan melegalkannya secara nasional, memberikan kemenangan penting kepada Partai Republik dan konservatif agama yang ingin membatasi atau melarang aborsi.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan pada hari Jumat bahwa keputusan Mahkamah Agung untuk membatalkan keputusan penting tahun 1973 Roe v. Wade yang mengakui hak konstitusional seorang wanita untuk melakukan aborsi adalah "langkah mundur yang besar".

"Ini keputusan yang sangat penting. Saya harus memberitahu Anda, saya pikir ini adalah langkah mundur yang besar," katanya dalam konferensi pers di Kigali, di mana dia menghadiri pertemuan Persemakmuran.

Baca Juga: Ulang Tahun Eril Hari Ini, Keluarga Ridwan Kamil Siapkan Persembahan Khusus

"Saya selalu percaya pada hak perempuan untuk memilih dan saya berpegang pada pandangan itu dan itulah mengapa Inggris memiliki undang-undang yang berlaku."

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan bahwa keputusan Mahkamah Agung AS yang membatalkan keputusan hak aborsi Roe v. Wade tahun 1973 adalah "mengerikan" dan dia bersimpati dengan wanita "yang akan kehilangan hak hukum mereka untuk melakukan aborsi."

"Berita yang keluar dari Amerika Serikat sangat mengerikan. Hati saya tertuju pada jutaan wanita Amerika yang sekarang akan kehilangan hak hukum mereka untuk melakukan aborsi," kata Trudeau di Twitter.

"Tidak ada pemerintah, politisi, atau pria yang harus memberi tahu seorang wanita apa yang bisa dan tidak bisa dia lakukan dengan tubuhnya," katanya.

Baca Juga: Hak Aborsi Dicabut, Joe Biden: Kesehatan dan Kehidupan Wanita di Negara Ini Dalam Bahaya

Halaman:

Editor: Imron Basuki Rahmat

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x