Waspada! Begini Tanggapan BMKG Soal Sesar Baribis Jadi Potensi Gempa di Selatan Jakarta

- 27 Juni 2022, 13:14 WIB
Sesar Baribis Jadi Potensi Gempa di Selatan Jakarta
Sesar Baribis Jadi Potensi Gempa di Selatan Jakarta /Twitter/@infoBMKG

BeritaSampang.com - Sesar Baribis di selatan Jakarta diduga berpotensi menimbulkan gempa dengan estimasi laju geser mencapai sekitar 5 milimeter per tahun.

Sebuah jurnal bergengsi Scientific Reports , Kamis, 16 Juni 2022 lalu menerbitkan hasil kajian tentang Sesar Baribis yang berada di selatan Jakarta.

Jurnal tersebut berisi pernyataan bahwa Sesar Baribis merupakan sesar aktif yang dapat menjadi ancaman atas potensi gempa di Ibu Kota Jakarta.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tiba di Jerman, Disambut Ratusan WNI

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa pernyataan dalam jurnal tersebut dapat dipertanggungjawabkan.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, BMKG telah melakukan monitoring menggunakan sensor seismograf untuk mengukur aktifnya sesar baribis.

“Selain itu keaktifan sesar ini didukung hasil monitor alat sensor seismograf BMKG di mana terdapat aktivitas gempa yang terpantau di jalur sesar, meskipun dalam magnitudo kecil 2,3 – 3,1,” kata Daryono.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menambahkan, Sesar Baribis terbukti aktif dengan estimasi laju geser mencapai sekitar 5 milimeter setiap tahun.

Baca Juga: Hotman Paris Temui Ketua MUI Perihal Holywings Promosikan Alkohol untuk Pengunjung bernama Muhammad

Halaman:

Editor: Imron Basuki Rahmat

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah