Petani Asal Vietnam Dihukum 7 Tahun Penjara Setelah Memposting Propaganda Anti Negara di Facebook

- 15 November 2021, 18:53 WIB
Logo Facebook
Logo Facebook /Facebook Inc

BeritaSampang.com - Pengadilan di Vietnam menjatuhkan hukuman tujuh tahun penjara kepada seorang petani akuakultur dinyatakan setelah menyebarkan "propaganda anti-negara" di Facebook, media melaporkan.

Nguyen Tri Gioan, 42, dihukum karena "membuat, menyimpan, menyebarkan informasi, materi, barang-barang untuk tujuan dan negara" dalam persidangan satu hari di provinsi tengah Khanh Hoa, Vietnam.

Meskipun reformasi ekonomi menyapu dan meningkatkan peningkatan terhadap perubahan sosial, Partai Komunis yang berkuasa di Vietnam mempertahankan sensor media yang ketat dan mentolerir sedikit kritik.

Baca Juga: Krisis diperbatasan Meningkat, Uni Eropa Perpanjang Sanksi Larangan Terbang Terhadap Belarusia

Baca Juga: Masjid-masjid Pertama Kali didirikan Dan Bolehnya Sholat Dimana Saja : Shahih Muslim 808 Kitab Masjid

Gioan tidak bersalah memposting puisi dan gambar di akun Facebook-nya untuk "mendistorsi, memfitnah, dan mencemarkan nama baik pemimpin partai (Komunis Vietnam), negara dan pemimpin Ho Chi Minh," dikutip dari Reuters pada Senin, 15 November 2021.

Facebook tidak memberi tanggapan terkait kasus Nguyen Tri Gioan yang dituduhkan atas tuduhan menyebarkan informasi yang membuktikan negara.

Laporan itu mengatakan Gioan mengaku bersalah di persidangan. Setelah hukuman penjara selesai, dia akan ditempatkan di bawah tahanan rumah selama tiga tahun, katanya.***

Editor: Miftahul Arifin

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x