Bill Cosby Dinyatakan Bersalah dalam Kasus Pelecehan Seksual pada Tahun 1975

- 22 Juni 2022, 14:01 WIB
Bill Cosby Dinyatakan Bersalah dalam Kasus Pelecehan Seksual pada Tahun 1975
Bill Cosby Dinyatakan Bersalah dalam Kasus Pelecehan Seksual pada Tahun 1975 /Instagram/@billcosby

BeritaSampang.com - Tim juri di pengadilan County Los Angeles, California, Amerika Serikat, melaporkan pada Selasa 21 Juni 2022 bahwa pelawak Bill Cosby melakukan pelecehan seksual terhadap seorang remaja di Playboy Mansion hampir lima dekade lalu.

Tim juri memberikan putusan yang mendukung Judy Huth, yang sekarang telah berusia 64 tahun.

Atas putusan itu, Huth berhak mendapatkan kompensasi sebesar 500 ribu dolar AS atau setara Rp7,4 miliar, menurut laporan yang dikutip BeritaSampang.com dari CNA.

Baca Juga: All-Kill, BTS Sapu Bersih 15 Besar Chart World Digital Song Sales Billboard dengan Album Baru 'Proof'

Kasus ini adalah salah satu dari tindakan hukum yang tersisa terhadap Cosby, 84, yang telah dituduh melakukan penyerangan oleh puluhan wanita.

Cosby dipenjara di Pennsylvania dalam kasus kriminal terpisah pada 2018, tetapi dibebaskan tahun lalu ketika hukumannya dibatalkan karena masalah teknis.

Pada Selasa 21 Juni 2022, Cosby tidak datang menghadiri persidangan atau bersaksi secara langsung, tetapi deposisi video dari tahun 2015 diputar untuk juri di mana ia menyangkal melakukan kontak seksual dengan Huth.

Baca Juga: Korea Selatan Laporkan Dua Kasus Baru Cacar Monyet

Cosby membantah melakukan kesalahan tersebut, Pengacara Cosby mengakui bahwa kilennya bertemu Huth dan teman SMA-nya di lokasi syuting film di California Selatan pada bulan April 1975, kemudian membawa mereka ke Playboy Mansion beberapa hari kemudian.

Mereka juga berpendapat bahwa Huth awalnya mengklaim serangan itu terjadi pada tahun 1974 ketika dia berusia 15 tahun, tetapi kemudian mengatakan itu terjadi pada tahun berikutnya.

Kasus ini tidak pernah dituntut secara pidana karena undang-undang pembatasan telah berlalu pada saat Huth berbicara kepada polisi.

Baca Juga: Piala Presiden 2022: Persija Tak Gentar Hadapi RANS Nusantara Meski Andalkan Pemain Muda

Huth bersaksi bahwa Cosby mencoba memasukkan tangannya ke bawah celana Huth dan memaksanya melakukan tindakan seks di kamar tidur yang bersebelahan dengan ruang permainan tempat mereka berkumpul bersama teman lainnya.

Huth mengajukan gugatannya pada 2014 ketika tuduhan terhadap Cosby yang diajukan perempuan-perempuan lain.

Pengacara Huth, Nathan Goldberg, mengatakan kepada tim juri bahwa kliennya layak meminta pertanggungjawaban dari Cosby.***

Editor: Miftahul Arifin

Sumber: Channel News Asia


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x