Komedian Bill Cosby Dinyatakan Bersalah atas Pelecehan Seksual yang Ia Lakukan pada Tahun 1975

- 22 Juni 2022, 14:14 WIB
Bill Cosby yang merupakan komedian terkenal
Bill Cosby yang merupakan komedian terkenal /Twitter/@BillCosby

BeritaSampang.com - Juri sipil menemukan bahwa Bill Cosby melakukan pelecehan seksual terhadap Judy Huth pada tahun 1975 ketika dia berusia 16 tahun dan memerintahkan dia untuk membayar $ 500.000.

Putusan itu memenangkan Huth, yang oleh pengacaranya, Gloria Allred dipuji sebagai kemenangan menuju “perubahan nyata,” meskipun tidak ada kompensasi hukuman yang diberikan.

Huth yang sekarang berusia 64 tahun menuduh Cosby memikatnya dan seorang temannya ke sebuah mansion beberapa hari setelah mereka bertemu di taman. Dia menuduh bahwa Cosby membawanya sendirian di kamar tidur, dan melecehkannya.

Baca Juga: Netflix Telah Merilis Trailer Stranger Things 4 Volume 2

"Saya sangat gembira," kata Huth di luar gedung pengadilan, bereaksi terhadap putusan dan mengatakan kepada wartawan bahwa dia berterima kasih kepada juri. "Sudah bertahun-tahun, begitu banyak air mata, itu hanya waktu yang lama datang."

Allred memuji Huth, berbicara kepada wartawan di luar gedung pengadilan di Santa Monica, California, pada Selasa sore. "Mendiang Hakim Agung Amerika Serikat Ruth Bader Ginsberg pernah berkata, 'Perubahan nyata, perubahan abadi terjadi selangkah demi selangkah,'" kata Allred. “Hari ini, klien kami memenangkan perubahan nyata karena dia melawan Bill Cosby selangkah demi selangkah selama lebih dari tujuh setengah tahun. Dia membuktikan dengan putusan juri bahwa Cosby melakukan pelecehan seksual padanya ketika dia masih di bawah umur, dan bahwa dia harus ditahan dan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang dia lakukan padanya.”

Allred mencatat bahwa kasus ini menandai yang pertama untuk diadili di bawah Undang-Undang Korban Anak, yang melindungi orang dewasa yang selamat dari pelecehan seks anak untuk maju dan meminta pertanggungjawaban pelaku mereka bertahun-tahun kemudian. “Dia mungkin akan maju bertahun-tahun kemudian, dan mereka akan memiliki hak untuk melakukannya,” kata pengacara dan aktivis hak-hak perempuan di luar pengadilan.

Baca Juga: Bill Cosby Dinyatakan Bersalah dalam Kasus Pelecehan Seksual pada Tahun 1975

Tim Cosby tampak senang dengan hasilnya. Ketika putusan dibacakan tanpa ada ganti rugi ditemukan, juru bicara Cosby, Andrew Wyatt, tersenyum di galeri dan pengacaranya gembira saat mereka keluar dari ruang sidang.

Halaman:

Editor: Miftahul Arifin

Sumber: Variety


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x